Jurnal Kajian Bahasa, Sastra dan Pengajaran (KIBASP)
Vol 5 No 2 (2022): Jurnal KIBASP (Kajian Bahasa, Sastra dan Pengajaran)

Implementasi Penggunaan Google Classroom sebagai Alternatif Platform Pembelajaran Bahasa Indonesia selama Pandemi Covid-19

Prasetyo Yuli Kurniawan (Universitas Muhadi Setiabudi)
Atikah Mumpuni (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muhadi Setiabudi)



Article Info

Publish Date
29 Jun 2022

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan ini untuk mendeskripsikan dan menguraikan implementasi penggunaan google classroom dalam pembelajaran bahasa Indonesia, khususnya dalam hal penyajian materi, penggunaan metode, dan permasalahan yang muncul dari penggunaan google classroom. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) penyajian materi dalam google classroom disajikan dengan bervariasi; 2) metode yang digunakan dalam pembelajaran bahasa Indonesia menggunakan google classroom adalah kombinasi beberapa metode; dan 3) permasalahan yang kerap muncul dalam pembelajaran bahasa Indonesia berbasis google classroom adalah terkait ketersediaan perangkat, tidak dibacanya informasi hingga selesai, serta sistem penilaian. Simpulan yang dapat dikemukakan yaitu penyajian materi dalam google classroom disajikan dengan bervariasi, penggunaan metode google classroom kombinasi dari beberapa metode, dan permasalahan yang muncul seperti ketersediaan perangkat, tidak dibaca informasi sampai tuntas serta sistem penilaian yang kurang maksimal. Kata Kunci: Bahasa Indonesia, Google classroom, pandemi covid-19

Copyrights © 2022