Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)
Vol 6, No 4 (2022)

PEMAHAMAN MAHASISWA AGROTEKNOLOGI FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS FLORES TENTANG IMPLEMENTASI MERDEKA BELAJAR KAMPUS MERDEKA (MBKM)

Maria Tensiana Tima (Universitas Flores, Ende)
Ernesta Leha (Universitas Flores, Ende)
Agustinus J.P. Ana Saga (Universitas Flores, Ende)



Article Info

Publish Date
27 Jul 2022

Abstract

Merdeka belajar kampus merdeka (MBKM) merupakan program yang mendorong mahasiswa menguasai berbagai bidang ilmu pengetahuan sesuai dengan bidang keahliannya sehingga siap bersaing dalam dunia global. Program MBKM bertujuan agar mahasiswa memperoleh hak belajar tiga semester di luar program studi agar dapat meningkatkan kompetensi baik hard skill maupun soft skill nya. Tujuan penelitian yang dipaparkan pada artikel ini adalah mengetahui pemahaman dan kesiapan mahasiswa program studi Agroteknologi dalam implementasi MBKM. Metode penelitian secara deskriptif kualitatif menggunakan kuisioner yang diisi oleh mahasiswa pada Link SPADA Dikti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 46% mahasiswa belum mengetahui sama sekali tentang kebijakan MBKM dan 54% mahasiswa telah mengetahui kebijakan MBKM baik yang mengetahui sedikit, secara garis besar maupun secara keseluruhan isi kebijakan MBKM. Namun, dari 54% mahasiswa yang telah mengetahui kebijakan 80% mahasiswa telah siap untuk mengikuti kegiatan MBKM meskipun masih terdapat 14% yang belum siap dan 6% mahasiswa tidak berminat.. Hal ini menunjukkan bahwa mahasiswa Agroteknologi siap untuk mejadi bagian dari penerapan MBKM, namun harus dilakukan sosialisasi secara menyeluruh agar semua mahasiswa memahami tentang implementasinya.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

PJR

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran) aims to develop and disseminate science and technology through the scientific article of research and study of concepts or theories as an effort to enrich the scientific knowledge in the field of education and teaching. Jurnal PAJAR (Pendidikan dan ...