Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)
Vol 6, No 4 (2022)

PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI 040536 PARTIBI LAMA TAHUN PEMBELAJARAN 2020/2021

Leoni A Haloho (Universitas Katolik Santo Thomas, Medan)
Reflina Sinaga (Universitas Katolik Santo Thomas, Medan)
Saut Mahulae (Universitas Katolik Santo Thomas, Medan)
Darinda Sofia Tanjung (Universitas Katolik Santo Thomas, Medan)



Article Info

Publish Date
30 Jul 2022

Abstract

Artikel ini membahas pengaruh pola asuh orang tua terhadap motivasi pembelajaran siswa kelas V SD Negeri 040536 Partibi Lama. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif jenis survey. Sampel dalam penelitian melibatkan 22 siswa dari kelas VA dan 21 siswa dari kelas VB. Alat pengumpulan data yang digunakan untuk mengetahui motivasi belajar siswa adalah angket yang telah diuji validasi dan realibilitasnya. Kedua kelas berdistribusi normal karena 0.200 ≥ 0.05. Dari uji korelasi diketahui hasil perhitungan diperoleh rhitung 0.667, yang berarti nilai korelasi kuat. Uji signifikansi dilakukan untuk menguji hipotesis, yaitu dengan membandingkan nilai thitung dengan ttabel. Diperoleh nilai thitung = 5.726 sedangkan ttabel 2.020. Karena thitung ≥ttabel (5.726 ≥ 2.020) maka Ha diterima dan H0 ditolak. Melalui uji t tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan signifikan antara pola asuh orang tua dengan motivasi belajar siswa kelas V SD Negeri  040536 Partibi Lama Kecamatan Merek Kabupaten Karo.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

PJR

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran) aims to develop and disseminate science and technology through the scientific article of research and study of concepts or theories as an effort to enrich the scientific knowledge in the field of education and teaching. Jurnal PAJAR (Pendidikan dan ...