Jurnal Spirits
Vol 11 No 2 (2021): Konsep Ki Hajar Dewantara dalam Pendidikan

Percaya diri dalam belajar Sekolah Menengah Pertama

Anita (Program Studi Pendidikan Bimbingan dan Konseling Pontianak)
Martin (Program Studi Pendidikan Bimbingan dan Konseling Pontianak)
Hastiani (Program Studi Pendidikan Bimbingan dan Konseling Pontianak)



Article Info

Publish Date
13 Jul 2022

Abstract

Setiap individu memiliki tingkat percaya diri yang berbeda dengan adanya percaya diri yang optimal maupun belum optimal. Hal tersebut membuat individu dengan percaya diri yang belum optimal dapat membuat ia tidak berkembang dalam segala hal. Penelitian ini bertujuan untuk mendalami percaya diri siswa dalam belajar pada kelas VII Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Bengkayang pada aspek rasional, tanggung jawab, objektif, rasional dengan fokus penelitian pada aspek rasional. penelitian ini menggunakan metode penelitian studi kasus dengan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data yang digunakan skala percaya diri, observasi, wawancara dan dokumentasi, analisis data yang digunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian dengan tingkat percaya diri siswa kelas VII masuk dalam kategori belum optimal dalam belajar pada aspek rasional dan realistis dengan indikasi siswa merasa gugup jika ditanya oleh Bapak/Ibu Guru.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

spirit

Publisher

Subject

Humanities Education Environmental Science Public Health Social Sciences

Description

Journal of Spirits is a scientific journal run by Faculty of Psychology Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta. The Spirits journal aims to create a space for exchange of information on psychology. The Spirits journal aims to support the growth of new ideas and ideas about psychological ...