Jurnal Teknologi Pendidikan
Vol 11, No 2 (2022): Jurnal Teknologi Pendidikan

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW DAN KREATIVITAS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS VII DI SMP SMART EKSELENSIA INDONESIA KABUPATEN BOGOR

Eka Kurniasih (UIKA)
Zainal Abidin Arief (UIKA)
Sigit Wibowo (UIKA)



Article Info

Publish Date
29 Jun 2022

Abstract

Abstrak. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, yang bertujuan untuk menguji/mengungkap adanya: 1) Pengaruh model pembelajaran jigsaw dan super memory system terhadap hasil belajar siswa; 2) Pengaruh interaksi antara model pembelajaran jigsaw dan super memory system dengan kreativitas terhadap hasil belajar siswa; 3) Perbedaan antara kreativitas tinggi yang dibelajarkan dengan model pembelajaran jigsaw dan super memory system terhadap hasil belajar siswa;4) Perbedaan antara kreativitas rendah yang dibelajarkan dengan model pembelajaran jigsaw dan super memory system terhadap hasil belajar siswa.Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Sampel yang diambil sebanyak 32 siswa yang dipilih dengan teknik acak sederhana. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran angket langsung kepada sampel. Masing-masing siswa diberikan tes kreativitas. Hal ini dilakukan untuk memperoleh kelompok siswa yang memiliki kreativitas tinggi dan kelompok siswa yang memiliki kreativitas rendah. Selanjutnya, siswa yang diberi perlakuan model pembelajaran jigsaw dan model pembelajaran super memory system dikelompokkan ke dalam kelompok siswa yang memiliki kreativitas tinggi dan kreativitas rendah. Analisis data dengan menggunakan analisis deskriptif dan inferensial (dengan anova dua jalur). Uji statistik digunakan uji t tes. Penelitian ini dilakukan pada bulan September sampai Oktober 2021.Hasil penelitian menunjukkan: 1) Hasil belajar kelompok siswa yang belajar dengan model pembelajaran jigsaw dengan kreativitas tinggi lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar kelompok siswa yang belajar dengan model pembelajaran super memory system dengan kreativitas tinggi, dibuktikan dengan sig 0,200 ≥ 0,05. 2) Terdapat pengaruh interaksi yang signifikan antara model pembelajaran jigsaw dan kreativitas terhadap hasil belajar siswa. 3) Hasil belajar pada kelompok siswa dengan kreativitas tinggi yang belajar dengan model pembelajaran jigsaw lebih baik dibanding hasil belajar pada kelompok siswa dengan kreativitas tinggi yang belajar dengan model pembelajaran super memory system. 4) Hasil belajar pada kelompok siswa dengan kreativitas rendah yang belajar dengan model pembelajaran jigsaw lebih baik dibanding hasil belajar pada kelompok siswa dengan kreativitas rendah yang belajar dengan model pembelajaran super memory system.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

TEK

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Teknologi Pendidikan merupakan jurnal ilmiah yang terbit 2 kali dalam 1 tahun berisi artikel dan hasil penelitian para peneliti, akademisi, dan praktisi di bidang ...