Jurnal Teknologi Pendidikan
Vol 11, No 2 (2022): Jurnal Teknologi Pendidikan

PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN GOOGLE LENS UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP

Shelfy Rahma Andi Sofian (University of Jember)
Wachju Subchan (Universitas Jember)
Sudarti Sudarti (Universitas Jember)



Article Info

Publish Date
29 Jun 2022

Abstract

Proses belajar mengajar di kelas kerap kali menghadapi permasalahan dalam upaya mencapai tujuan yang diharapkan. Salah satu contoh permasalahan yang dihadapi seorang guru adalah kurangnya aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi klasifikasi makhluk hidup kelas 7. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Discovery Learning berbantuan Google lens dalam rangka meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas 7 pada materi klasifikasi makhluk hidup. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan November 2021. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus dilaksanakan dalam beberapa tahap yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengambilan data yang dilakukan pada penelitian ini adalah dengan tes dan observasi. Aktivitas belajar siswa berdasarkan hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan dari siklus satu ke siklus kedua sebesar 11,31%. Hasil belajar siswa dari hasil penelitian juga mengalami kenaikan dari siklus I ke siklus II sebesar 28%. Berdasarkan hasil tersebut, maka penerapan model pembelajaran Discovery Learning berbantuan Google lens dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi klasifikasi makhluk hidup.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

TEK

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Teknologi Pendidikan merupakan jurnal ilmiah yang terbit 2 kali dalam 1 tahun berisi artikel dan hasil penelitian para peneliti, akademisi, dan praktisi di bidang ...