Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Tanjungpinang Provinsi Kepulauan Riau. Tujuan penulisan penelitian tindakan sekolah ini adalah untuk mengetahui apakah In House Training Pengembangan Penilaian berbasis E-raport dapat meningkatkan kemampuan guru dalam pengembangan penilaian berbasis E-raport. Metode pengumpulan data adalah studi penyampaian materi dan praktek langsung serta studi dokumen. Metode analisis data adalah deskriptif untuk data kuantitatif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah bahwa gabungan In House Training dan bimbingan individual dapat meningkatkan kemampuan guru-guru dalam Pengembangan penilaian berbasis E-raport. Ini terbukti dari hasil yang diperoleh pada Siklus I meningkat rata-ratanya menjadi 69,3 dari data awal 63,2 dan pada Siklus II naik rata-ratanya menjadi 91,1. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah in house training pengembangan penilaian berbasis E-raport dapat meningkatkan kemampuan guru-guru dalam pengembangan penilaian berbasis e-raport
Copyrights © 2021