Jurnal Teknologi Pendidikan
Vol 10, No 2 (2021): Jurnal Teknologi Pendidikan

Pemikiran Harun Nasution (Religius-Rasional) Tentang Pendidikan Islam dan Relevansi Terhadap Pendidikan Islam Kontemporer

Bagas Ilham Yudhiyantoro (Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
01 Jul 2021

Abstract

Harun Nasution merupakan salah satu tokoh pemikir islam yang berpengaruh dalam dunia Pendidikan islam , terutama di Indonesia. Banyak terobosan-terobosan baru yang diterapkan ke sistem Pendidikan di Indonesia. Beliau yang juga pernah menjabat sebagai Rektor IAIN Syarif Hidayatullah Jakarta pada Tahun 1973, juga banyak dari pemikiran beliau yang akhirnya diterapkan pada sistem Pendidikan di IAIN Syarif Hidayatullah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemikiran Harun Nasution (Religius-Rasional) tentang Pendidikan islam sekaligus relevansinya terhadap Pendidikan islam kontemporer. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kepustakaan (library research). Buku dan jurnal ilmiah digunakan sebagai sumber data pada penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Harun Nasution mengemukakan Pendidikan bisa diterapkan dan dipandang dari area agama, dengan menggunakan dasar ajaran agama islam menjadikan Pendidikan yang bernilai religius sehingga para peserta didik bisa mengenal dan mempelajari nilai-nilai penyembahan tuhan dengan tidak mengesampingkan ajaran akademik. Relevansi pemikiran Harun Nasution tentang Pendidikan islam kontemporer mencakup dasar Pendidikan, prinsip penyelenggaraan Pendidikan, sistem Pendidikan dan tenaga kependidikan. Relevansi dari pemikiran Harun Nasution tentunya juga berdasar pada Undang-Undang Dasar Republik Indonesia.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

TEK

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Teknologi Pendidikan merupakan jurnal ilmiah yang terbit 2 kali dalam 1 tahun berisi artikel dan hasil penelitian para peneliti, akademisi, dan praktisi di bidang ...