Journal of Entrepreneurship, Management and Industry (JEMI)
Vol 5, No 1 (2022): Januari - Maret 2022

Era Baru Perilaku Konsumen : Pengaruh Kepribadian dan Motivasi Terhadap Pengambilan Keputusan Pembelian Ulang Tiket Akomodasi Pesawat di Era COVID-19.




Article Info

Publish Date
17 Jun 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui apakah kepribadian dan motivasi berpengaruh terhadap pengambilan keputusan pembelian ulang tiket pesawat untuk bepergian disaat pandemi covid-19. Selain itu ingin diuji pula apakah masing-masing kepribadian atau motivasi berpengaruh terhadap pengambilan keputusan pembelian ulang tiket pesawat untuk bepergian disaat pandemi covid-19. Data yang dipergunakan adalah data dari hasil kuesioner yang dilakukan oleh 127 responden, responden ini merupakan responden yang menggunakan akomodasi pesawat minimal satu kali disaat pandemi. Model penelitian adalah kuantitatif dengan analisis yang digunakan dimulai dengan pembentukan portofolio optimal dan dilanjutkan Untuk menguji masing-masing variabel yaitu kepribadian dan motivasi terhadap pengambilan keputusan bepergian digunakan uji t, sedang untuk menguji pengaruh secara bersama-sama menggunakan uji f. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepribadian berpengaruh namun tidak signifikan terhadap pengambilan keputusan pembelian ulang tiket pesawat, hal ini didasari oleh perbedaan sudut pandang dan individual different yang dimiliki. Sedangkan motivasi berpengaruh signifikan terhadap pengambilan keputusan pembelian ulang tiket pesawat, berdasarkan penelitian hal ini dipengaruhi besar oleh keterlibatan media. Secara bersama-sama berdasarkan penelitian, kepribadian dan motivasi secara parsial berpengaruh signifikan terhadap pengambilan keputusan pembelian ulang tiket pesawat untuk bepergian disaat pandemi covid-19.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JEMI

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Journal of Entrepreneurship, Management and Industry (JEMI) merupakan jurnal ilmiah yang menyajikan artikel orisinal dari Multi dan lintas disiplin dalam bidang dunia usaha, bisnis, entrepreneurship, dan industri dengan format Bauran (mix) Artikel : Hasil Riset (full reaserch), mini riset, novelty, ...