ABDIMAS SILIWANGI
Vol 5, No 2 (2022): Juni 2022

PENINGKATAN KOMPETENSI GURU MELALUI PERANCANGAN EVALUASI BERBASIS ONLINE

Saringatun Mudrikah (Pendidikan Ekonomi, Universitas Negeri Semarang)
Kusmuriyanto Kusmuriyanto (Pendidikan Ekonomi, Universitas Negeri Semarang)
Widodo Widodo (Pendidikan Ekonomi, Universitas Negeri Semarang)



Article Info

Publish Date
25 Jun 2022

Abstract

Musibah terjadi di awal tahun 2020, dimana seluruh dunia termasuk Indonesia terkena pandemi Covid-19 dan hal ini berdampak pada seluruh sektor termasuk pendidikan. Pembelajaran yang biasanya dilaksanakan secara tatap muka, secara cepat berubah menjadi pembelajaran jarak jauh atau dilakukan secara daring. Pembelajaran daring yang dilakukan secara cepat ini menjadi kendala bagi guru-guru yang tergabung dalam MGMP Ekonomi di Kabupaten Kebumen, terutama dalam merancang evaluasi pelaksanaan pembelajaran berbasis online. Pelatihan dan pendampingan yang akan diberikan kepada guru-guru yang tergabung dalam MGMP Ekonomi SMA Kabupaten Kebumen adalah dengan pemanfaatan online assesment tools, sehingga harapannya para guru tersebut dapat memiliki pengetahuan dan kemampuan dalam merancang media evaluasi pembelajaran berbasis online yang mudah dan inovatif, yang pada akhirnya dapat berdampak dalam kelancaran proses pelaksanaan pembelajaran. Tahapan kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah: (1) melakukan koordinasi dengan Ketua MGMP Ekonomi, (2) melakukan koordinasi seluruh tim pengabdian kepada masyarakat, (3) melaksanakan kegiatan pelatihan dan pendampingan kepada guru-guru yang tergabung dalam MGMP Ekonomi, (5) melakukan evaluasi kegiatan pengabdian. 

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

abdimas-siliwangi

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Library & Information Science Social Sciences

Description

Journal of Abdimas Siliwangi IKIP Siliwangi aims to publish the results of the study of learning theory, the results of community service in the field of education. The manuscripts contained in this journal include the study of theories in the field of teaching and learning process education, as ...