ABDIMAS SILIWANGI
Vol 5, No 2 (2022): Juni 2022

PENYULUHAN MODEL PEMBELAJARAN INOVATIF PAUD HOLISTIK INTEGRATIF MELALUI APLIKASI CANVA UNTUK GURU PAUD

Lenny Nuraeni (Program Studi PG PAUD, IKIP Siliwangi)
Dedah Jumiatin (Program Studi PG PAUD, IKIP Siliwangi)
Sharina Munggaraning Westhisi (Program Studi PG PAUD, IKIP Siliwangi)



Article Info

Publish Date
25 Jun 2022

Abstract

Masa pandemik mendorong guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) untuk terus berinovasi melahirkan beragam model pembelajaran yang mampu memfasilitasi kebutuhan anak saat Belajar Dari Rumah (BDR). Sayangnya, pemahaman dan kesiapan guru PAUD untuk mengimplementasikan kecanggihan teknologi yang ada masih belum optimal, sehingga perlu adanya penyuluhan model pembelajaran inovatif melalui beberapa aplikasi yang ada, salah satunya aplikasi Canva yang mudah diakses. Tujuan diadakan kegiatan penyuluhan ini adalah untuk memberikan pemahaman yang komprehensif dan pembelakan kepada guru PAUD yang berada di Desa Paas Kecamatan Pameungpeuk, Garut Selatan. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah ceramah, diskusi, dan workshop. Antusiasme dari para peserta kegiatan sungguh tinggi. Hal ini terlihat saat sesi diskusi, para peserta aktif bertanya terkait dengan materi yang disampaikan. Setelah dilakukan penyuluhan, pemapaham peserta terkait dengan model pembelajaran inovatif PAUD Holistik Integratif (HI) melalui aplikasi Canva mengalami peningkatan. Hal ini tergambar saat para peserta telah mampu menjelaskan kembali materi yang telah disampaikan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

abdimas-siliwangi

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Library & Information Science Social Sciences

Description

Journal of Abdimas Siliwangi IKIP Siliwangi aims to publish the results of the study of learning theory, the results of community service in the field of education. The manuscripts contained in this journal include the study of theories in the field of teaching and learning process education, as ...