Integritas akademik merupakan nilai fundamental yang harus dimiliki mahasiswa. Nilai ini mencakup lima aspek, yaitu: honesty (kejujuran), trust (kepercayaan), fairness (keadilan), respect (menghormati), dan responsibility (tanggung jawab). Tujuan penelitian ini untuk menganalisis perbedaan integritas akademik terkait kejujuran dan keadilan pada Mahasiswi S1 Profesi Bidan dan S2 Ilmu Kebidanan di Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif analitik dengan pendekatan crosssectional. Populasi penelitian ini sebanyak 311 orang. Sampel diambil dengan teknik total sampling. Data dianalisis dengan menggunakan analisis data Chi-Square. Hasil analisis terdapat perbedaan yang signifikan persepsi, opini, perilaku, komitmen dan sanksi kejujuran dan keadilan pada mahasiswi S-1 Profesi Bidan dan mahasiswi S-2 Ilmu Kebidanan dengan nilai p untuk persepsi kejujuran sebesar 0,010 sedangkan persepsi keadilan sebesar 0,000. Opini kejujuran sebesar 0,001 sedangkan opini keadilan sebesar 0,002. Perilaku kejujuran sebesar 0,01 sedangkan perilaku keadilan sebesar 0,03. Komitmen kejujuran sebesar 0,000 sedangkan nilai p untuk komitmen keadilan sebesar 0,000. Sanksi kejujuran sebesar 0,000 sedangkan sanksi keadilan sebesar 0,000. Mahasiswi diharapkan bisa menerapkan perilaku yang berintegritas, karena mahasiswi kebidanan selain dihadapkan pada tugas akademik namun kelak akan menjadi tenaga kesehatan yang berhubungan langsung dengan pasien.
Copyrights © 2022