Jurnal Basicedu
Vol 6, No 5 (2022): October Pages 7664-9236

Pengaruh Penerapan Metode Group to Group Exchange (GGE) terhadap Hasil Belajar IPS pada Siswa Kelas IV

Meilani Ayu Lestari (Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka)
Desak Made Darmawati (Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka)



Article Info

Publish Date
25 Jun 2022

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar IPS pada siswa kelas IV SDN Pegadungan 05 Pagi oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan Metode Group To Group Exchange (GGE). Jenis penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif eksperimen dengan metode penelitian true experimental design dalam bentuk posttest only control design. Dengan jumlah sampel kelas IV-A dan IV-B yang berjumlah 64 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen berupa soal pilihan ganda sebanyak 25 soal valid. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu uji normalitas Kolmogorov Smirnov, uji homogenitas menggunakan uji fisher, dan uji hipotesismenggunakan uji t. hasil penelitian menunjukan bahwa adanya pengaruh yang sangat signifikan terhadap penerapan metode pembelajaran Group To Group Exchange (GGE) terhadap hasil belajar siswa kelas IV SDN Pegadungan 05 Pagi. Hal ini dapat dibuktikan dengan hasil uji hipotesis yang diperoleh thitung > ttabel  yaitu 2,023 > 1,999 maka dapat disimpulkan H0 ditolak dan H1 diterima berarti adanya pengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas IV menggunakan metode pembelajaran Group To Group Exchange (GGE).

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

basicedu

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Jurnal Basicedu merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendididkan dibawah Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masayarakat (LPPM) Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. Jurnal Basicedu sudah memiliki p-ISSN 2580-3735 dan versi online e-ISSN ...