Jurnal Basicedu
Vol 6, No 5 (2022): October Pages 7664-9236

Pengaruh Model Pembelajaran Brain Based Learning terhadap Kemampuan Menulis Karangan Argumentasi Peserta Didik Sekolah Dasar

Andini Sasabila Istiqomatul Yahya (Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka)
Nani Solihati (Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka)



Article Info

Publish Date
21 Jun 2022

Abstract

Kemampuan berpikir kritis peserta didik menjadihalyangsangatdiperhatikan,sehinggamempengaruhiketidakmampuanpesertadidikdalammenuliskaranganargumentasi.halinidisebabkankurangnyamelatihdanmengembangkankemampuansiswauntukberpikirkritis,sertamenumbuhkan mentalitas yang tidak tepat bahwaketerampilan sulit dan kompleks untuk dikuasai.TujuanpenelitianiniadalahuntukmengetahuipengaruhmodelBBL(Brain-BasedLearning)terhadappeningkatankemampuanmenuliskarangan argumentasi peserta didik kelas V SDSBinaSiswa.Penelitimenggunakanmetodepenelitian kuantitatif dan metode penelitian True-ExperimentaldenganjenisdesainPosttest-OnlyControlGroupDesign.Alatyangdigunakanberupasoalesaitentangkemampuanmenuliskaranganargumentatifdalam bentuk5 butirsoal posttest.berdasarkan perhitungan (2-tailed) = 0,000, tetapitaraf signifikan = 0,05 maka dapat diartikan bahwaH1 diterima karena terdapat perbedaan yang besarpadahasilnilaikemampuanmenuliskaranganargumentasipesertadidikkelas VPengaruh Model Pembelajaran Brain Based Learning terhadap Kemampuan Menulis Karangan Argumentasi Peserta Didik Sekolah Dasar

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

basicedu

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Jurnal Basicedu merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendididkan dibawah Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masayarakat (LPPM) Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. Jurnal Basicedu sudah memiliki p-ISSN 2580-3735 dan versi online e-ISSN ...