Krea-TIF: Jurnal Teknik Informatika
Vol 10, No 1 (2022)

Augmented Reality dan Virtual Reality sebagai Media Promosi Sekolah berbasis Android

Yuli Fitrianto (Universitas Sains dan Teknologi Komputer)
Jarot Dian Susatyono (Universitas Sains dan Teknologi Komputer)
Wiwid Wahyudi (Universitas Sains dan Teknologi Komputer)



Article Info

Publish Date
30 May 2022

Abstract

Media promosi sekolah berupa brosur tidak dapat menampilkan bangunan sekolah yang layak sehingga dibutuhkan media lain yang dapat menampilkannya secara lengkap dan dapat menarik calon siswa untuk mendaftar ke sekolah. Dengan potensi dimana hampir semua orang saat ini memiliki smartphone, maka solusi yang paling tepat adalah membangun aplikasi android yang menerapkan teknologi Augmented Reality (AR) dan Virtual Reality (VR) dengan memanfaatkan brosur yang telah ada sebagai marker dari AR-nya. Pembuatan AR dengan menggunakan software Unity3D, dengan plugin Vuforia sebagai tempat database markernya, sedangkan pemodelan objek 3D yang akan dimunculkan di atas marker, dibuat dengan software Google SketchUp. AR memunculkan objek gedung sekolah yang dapat dilihat atau diputar ke segala arah dan VR memungkinkan user untuk jalan-jalan secara virtual ke dalam gedung sekolah. Rangkaian pengujian memperoleh nilai 3.1 untuk performance, 3.84 untuk usability, 2.44 untuk compatibility, dan memperoleh hasil nilai rata-rata 3.1 dari nilai total 4 termasuk kategori sangat baik.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

krea-tif

Publisher

Subject

Computer Science & IT Control & Systems Engineering Library & Information Science

Description

Jurnal Krea-TIF adalah jurnal ilmiah dalam teknologi informasi yang berisi literatur ilmiah mengenai penelitian murni dan terapan dalam teknologi informasi dan tinjauan publik mengenai pengembangan teori, metode dan ilmu terapan yang terkait dengan subjek. ...