JURNAL KESEHATAN PERINTIS
Vol 9 No 1 (2022): Jurnal Kesehatan Perintis

Efektifitas Media Booklet dan Brosur terhadap Peningkatan Pengetahuan dan Sikap Pasangan Usia Subur tentang Program Keluarga Berencana

Wira Iqbal (Universitas Andalas, Sumatera Barat, Indonesia)
Ade Nurul Fazri (Perwakilan BKKBN Provinsi Sumatera Barat, Sumatera Barat, Indonesia)
Aria Gusti (Universitas Andalas, Sumatera Barat, Indonesia)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2022

Abstract

Media booklet dan brosur digunakan sebagai alat promosi kesehatan dalam kegiatan komunikasi, informasi dan edukasi program keluarga berencana di Indonesia. Penelitian ini bertujuan menganalisis perbedaan efektivitas booklet dan brosur terhadap peningkatan pengetahuan dan sikap pasangan usia subur tentang program keluarga berencana. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan rancangan quasy experiment two groups pre-post test design. Populasi penelitian adalah pasangan usia subur muda paritas rendah (PUS MUPAR) di salah satu kecamatan di Kabupaten Sijunjung bukan peserta KB yang berjumlah 512 pasang. Sampel penelitian sebanyak 30 pasang diambil secara acak, dikelompokkan menjadi kelompok booklet 15 orang dan kelompok brosur 15 pasang. Analisis data menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa ada perbedaan signifikan pengetahuan responden sebelum dan sesudah diintervensi dengan media booklet (p-value<0,05) dan media brosur (p-value<0,05). Ada perbedaan signifikan sikap responden sebelum dan sesudah diintervensi dengan media booklet (p-value<0,05) dan media brosur (p-value<0,05). Tidak ada perbedaan signfiikan efektivitas dari media booklet dan brosur terhadap peningkatan pengetahuan (p-value>0,05) dan sikap (p- value>0,05) pasangan usia subur tentang program keluarga berencana.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JKP

Publisher

Subject

Health Professions Medicine & Pharmacology Nursing Public Health

Description

Jurnal Kesehatan Perintis (Perintis's Helath Journal) is published and imprinted by LPPM STIKes Perintis Padang. We published 2 times a year every Juny and ...