EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 4, No 4 (2022): August Pages 5501-6400

Implementasi Kelas Belajar Masyarakat (Kelarmas) dalam Meningkatkan Literasi dan Mutu Pendidikan di Desa Kertamukti Kecamatan Cibitung Kabupaten Bekasi

Muhammad Viki Nisfani Al Azis (Universitas Singaperbangsa Karawang, Indonesia)
Fajar Harry Akbar (Universitas Singaperbangsa Karawang, Indonesia)
Aisyah Nur Hida (Universitas Singaperbangsa Karawang, Indonesia)
Dini Sri Istiningdias (Universitas Singaperbangsa Karawang, Indonesia)
Duane Masaji Raharja (Universitas Indraprasta PGRI, Indonesia)



Article Info

Publish Date
12 Jul 2022

Abstract

Tingkat pendidikan di Desa Kertamukti masih terus rendah setiap tahunnya. Kondisi tersebut menyebabkan kualitas sumber daya manusia di Desa Kertamukti sangat rendah karena mereka tertinggal secara pendidikan. Kelas Belajar Masyarakat (Kelarmas) sebagai gerakan literasi dengan tujuan meningkatkan budaya membaca yang tinggi serta meningkatkan para siswa untuk memiliki kemampuan menulis, menghitung dan berpikir kritis secara komprehensif. Program Kelarmas ini bergerak dengan dukungan kolaboratif dari berbagai elemen dengan melibatkan mahasiswa, guru, dan akademisi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ide tentang inovasi program Kelas Belajar Masyarakat (Kelarmas) relevan dengan masalah tingkat literasi dan mutu pendidikan yang rendah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Dari hasil penelitian ini menunjukkan masyarakat dan pemerintah Desa Kertamukti sangat setuju dengan ide yang peneliti gagas. Selain itu, masyarakat merasa perlu program Kelarmas diimplementasikan karena sangat relevan sebagai solusi permasalahan terkait tingkat literasi dan mutu pendidikan. Tidak hanya itu, akun instagram kelarmas sangat dibutuhkan oleh siswa Indonesia sebagai solusi meningkatkan literasi di era digitalisasi 4.0

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...