EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 4, No 3 (2022): June Pages 3201-5000

Implementasi Program SMK Pusat Keunggulan Berbasis Kompetensi Keahlian Agribisnis Ternak Unggas di SMK Negeri 3 Penajam Paser Utara

Nurlaili Sunawardhani (SMK Negeri 3 Penajam Paser Utara, Indonesia)
Casmudi Casmudi (Universitas Balikpapan, Indonesia)



Article Info

Publish Date
13 Jun 2022

Abstract

Penelitian ini   dilatarbelakangi  rendahnya lulusan SMK Negeri 3 Penajam Paser Utara  terserap pada dunia kerja sesuai kebutuhan Kompetensi Agribisnis Peternakan Unggas. Tujuan  penelitian mendiskripsikan: (1) Langkah Manajerial Kepala SMK Negeri 3 Penajam Paser Utara dalam menjalankan program SMK Pusat Keunggulan (PK) Sekolah Unggul berbasis Kompetensi Keahlian Agribisnis Ternak Unggas (2)  Ketercapaian program  SMK-PK (3) Mengungkap   hambatan pelaksanaan SMK-PK (4) Mengatasi masalah hambatan dalam pelaksanaan program SMK-PK. Hasil penelitian: (1) Langkah manajerial yaitu dengan melakukan analisis SWOT. (2) Ketercapaian program di ukur dengan empat indikator yaitu  Prinsip  Pembelajaran, Profil Pelajar Pancasila, Proses Integrasi Kurikulum, Assessment  atau Evaluasi. Adapun Kelompok Prinsip Pembelajaran PK nilai skor tertinggi; 76, sedang; 66,5  terendah; 57, Kelompok  Profil Pelajar Pancasila nilai skor tertinggi; 40, sedang; 36,5 terendah 33, Kelompok Integrasi Kurikulum PK, nilai skor tertinggi; 56 sedang; 36 terendah 16, Kelompok Evaluasi nilai skor tertinggi; 24  sedang;  20 terendah 16 capaian jumlah secara umum yang dijawab oleh responden yakni guru SMK Negeri 3 Penajam Paser Utara sebanyak 23 orang yang mengisi diperoleh data jawaban  dengan skor tertingi; 196 sedang 166,5 terendah 137. (3) Hambatan terdiri dari hambatan manajerial, operasional dan penyediaan sarana dan prasarana. (4) solusi menghadapi hambatan dengan cara melakukan kordinasi dan komunikasi dengan pihak internal maupun eksternal.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...