BIOSFER : Jurnal Biologi dan Pendidikan Biologi
Vol 7 No 1 (2022): BIOSFER: Jurnal Biologi dan Pendidikan Biologi

Flipped Learning dalam Meningkatkan Berpikir Kritis Mahasiswa pada Materi Fotosintesis Dimasa Pandemik Covid-19

Cita Tresnawati (Universitas Pasundan)
Fitri Aryanti (Universitas Pasundan)
Lilis Suhaerah (Universitas Pasundan)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2022

Abstract

Selama masa pandemi Covid-19, berbagai upaya telah dilakukan antara lain dengan membalik pembelajaran untuk membangun kemandirian belajar. Penelitian ini bertujuan ingin menguji efektifitas implementasi flipped learning dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa calon guru biologi pada materi fotosintesis dimasa pandemik covid-19. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah “Pre-Eksperimen” dengan desain “ One-Shot Case Study”. Penelitian ini menggunakan satu kelas ekperimen dengan terlebih dahulu menentukan kriteria persentase perolehan nilai minimal sebesar 75. Penelitian ini melibatkan 22 mahasiswa di semester III yang mengambil matakuliah Biologi Sel disalah satu Universitas Swasta di Bandung. Instrumen yang digunakan adalah instrumen test kemampuan berpikir kritis. Hasil penelitian menunjukkan implementasi flipped learning signifikan mampu meningkatkan rata-rata kemampuan berpikir kritis pada kriteria sangat baik dan baik dengan rata-rata nilai (80-70) khususnya kemampuan menganalisis, menemukan lebih detail argumen dan menemukan kekuatan. Sementara kriteria cukup dan kurang berada pada rata-rata nilai (69-50) pada kemampuan mengidentifikasi, menjelajahi kelemahan dan menilai kredibilitas. Secara keseluruhan flipped learning efektif meningkatkan kemampuan berpikir mahasiswa dalam mengkritisi fenomena yang terjadi pada materi fotosintesis. Feedback positif flipped learning berkontribusi terhadap peningkatan kemandirian belajar, mampu mengorientasikan strategi berpikir serta mengarahkan mahasiswa dalam mencari berbagai sumber belajar yang relevan. Namun kemampuan berpikir kritis tersebut masih perlu ditingkatkan lagi pada persentase perolehan nilai 90 dengan kriteria sangat baik

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

biosfer

Publisher

Subject

Education

Description

BIOSFER adalah jurnal atau terbitan berkala ilmiah yang berfungsi sebagai media publikasi gagasan, kajian dan hasil penelitian bermutu terkait biologi dan pendidikan biologi guna mendukung pencapaian tujuan pendidikan nasional dalam bidang biologi. Sesuai dengan arti Biosfer yaitu bagian luar dari ...