JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM AL-IDARAH
Vol. 7 No. 02 (2022): Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Al-Idarah

IMPLEMENTASI NILAI-NILAI KETUHANAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN KARAKTER TOLERANSI PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR NEGERI 1 RIMO: id

Novi Andriani Novi (a:1:{s:5:"en_US"
s:9:"Mahasiswa"
})

Subiyantoro (UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
05 Jul 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya dalam meningkatkan karakter peserta didik dengan mengimplementasikan nilai-nilai ketuhanan dan kemanusiaan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan alasan bahwa penggunaan metode ini dapat membantu peneliti dalam menggambarkan secara rasional dan teoritis tentang fakta, data, objek material yang berupa ungkapan bahasa atau wacana melalui interpretasi yang tepat dan sistematis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengimplementasian nilai -nilai ketuhanan dan kemanusiaan dalam meningkatkan karakter toleransi peserta didik di sekolah sangat penting untuk dilakukan, karena dengan adanya pengimplementasian nilai -nilai ketuhanan dan kemanusiaan tersebut bisa membangun karakter toleransi, kemandirian, disiplin, dan peduli dengan sesama. Penanaman karakter toleransi peserta didik dengan pengimplementasian nilai -nilai ketuhanan dan kemanusiaan di sekolah dapat dilakukan melalui proses kegiatan belajar mengajar.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JMPI

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Education

Description

The journal encompasses research articles, original research report, reviews, short communications and scientific commentaries in education in any fields including: 1. Administration Management 2. Accounting Education Management 3. Marketing Education Management 4. Education Development 5. Education ...