Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya perhatian dari pelatih terhadap psikologi atlet yang akan berdampak pada peningkatan prestasi. Hal ini disebabkan kurangnya pengetahuan pelatih tenang latihan mental. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh latihan imagery terhadap keterampilan renang. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain “The One Group Pre-Test- Post Test Design”. Populasi dalam penelitian ini adalah 14 atlet yang terdiri dari 7 Atlet Putra dan 7 Atlet Putri yang bergabung dalam tim PUSLATKAB (pusat latihan kabupaten) di Kabupaten Blitar Jawa Timur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan latihan imagery terhadap peningkatan keterampilan atlet renang PUSLATKAB di Kabupaten Blitar”, diterima, dengan nilai t hitung 7,433 > t tabel 2,160, dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, dan persentase peningkatan sebesar 25,09%, sehingga Ha diterima. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa latihan imagery memberi pengaruh terhadap keterampilan renang pada atlet PUSLATKAB Kabupaten Blitar Jawa Timur.
Copyrights © 2022