Literasi sains di dalam pembelajaran IPA di sekolah dasar dapat dilakukan melalui dua jenis kegiatan yaitu Pertama, strategi Gerakan Literasi Sains (GLS) di sekolah dasar berupa literasi sains yang sifatnya lintas kurikulum, kontiunitas, konsisten dan menyeluruh di sekolah untuk mendukung pengembangan literasi sains bagi setiap warga sekolah dan Kedua, pengembangan ragam sumber belajar berbasis literasi sains dalam pembelajaran dapat dilakukan melalui penyediaan buku-buku berkaitan dengan sains, baik fiksi maupun nonfiksi, maupun referensi yang sejalan dengan perkembangan siswa di sekolah dasar dan penyusunan dan pengembangan bahan ajar berupa rancangan proses pembelajaran yang berisi hakikat sains, literasi sains, pola pikir sistem, serta bekerja dan berpikir kolaboratif, penggunaan permainan tradisional edukatif tentang sains yang dapat memperkaya pengalaman siswa dan terakhir kegiatan festival literasi sains dengan berbagai aktivitas dan memperbanyak kegiatan jelajah alam sekitar. Literasi sains menjadi kemampuan utama yang harus dimiliki oleh warga sekolah dasar untuk mengatasi isu-isu yang terjadi.
Copyrights © 2022