Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil literasi sains dan keterampilan berpikir kritis peserta didik SMP. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VII SMPN 3 Merauke. Metode penelitian adalah deskriptif kuantitatif. Instrumen yang digunakan soal literasi sains dan soal keterampilan berpikir kritis. Hasil penelitian menunjukkan profil literasi sains peserta didik kelas VII dengan rerata sebesar 34% dengan kategori rendah. Sedangkan profil keterampilan berpikir kritis dengan rerata sebesar 38,55% berada pada kategori rendah. Jadi dapat disimpulkan bahwa hasil penelitian menunjukkan bahwa profil literasi sains dan kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas VII SMPN 3 Merauke dengan kategori rendah. Hal ini perlu tindakan untuk dapat meningkatkan literasi sains dan kemampuan berpikir kritis bagi peserta didik dengan menerapkan model ataupun metode yang sesuai. Perlunya bimbingan teknis ataupun pelatihan bagi guru untuk membuat instrumen literasi sains dan berpikir kritis, sehingga dapat menerapkan latiahn soal saat pembelajaran.
Copyrights © 2022