JURNAL MUTIARA PENDIDIKAN INDONESIA
Vol 7 No 1 (2022): Jurnal Mutiara Pendidikan Indonesia

INTELEGENSI GANDA DALAM PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR

Yason Mendrofa (Universitas Quality)
R.L.Holmes Parhusip (Universitas Quality)



Article Info

Publish Date
15 Jul 2022

Abstract

Pendidikan yang berfungsi sebagai sarana untuk mentransmisikan pengetahuan, keterampilan, nilai, dan budaya, seharusnya menjadi hal yang efektif untuk meningkatkan pengembangan sumber daya manusia. Di sekolah penambangan kecerdasan masih didominasi oleh kemampuan umum tunggal. Saat ini konsep baru kecerdasan ganda (yaitu kecerdasan linguistik, matematika, spasial, kinestetik, musik, interpresonal dan naturalis) telah dikembangkan. Ini membutuhkan proses mplanning, aktivitas, pengenalan multiple intelliogence dan pendidikan ilmu sosial, persiapan pembelajaran, keputusan strategi dan implementasi pembelajaran dan evaluasi untuk mengintergrasikan kecerdasan ganda dengan pendidikan sciende sosial. Kecerdasan adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap orang untuk memecahkan persoalan dan menghasilkan produk dalam seuatu situasi yang bermacam-macam. Kecerdasan ganda atau kecerdasan majemuk yang dimiliki anak (Bahasa, Matematik, Spasial, Olah Raga, Seni, Antar Pribadi, Intra Pribadi, Lingkungan). Kegiatan pembelajaran oleh guru untuk mengembangkan kemampuan ganda/majemuk yang dimiliki, memberi ruang untuk dapat berkembang termasuk dalam aspek kehidupan sosial.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JMT

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal ini berisi tentang penelitian-penelitian dalam bidang pendidikan Anak Usia Dini, Sekolah Dasar, dan Menengah. Hasil penelitian ini ditulis oleh berbagai akademisi pendidikan dari seluruh Indonesia yang mengkaji tentang strategi belajar,pendekatan dan model pembelajaran, psikologi pendidikan, ...