JURNAL MAHAJANA INFORMASI
Vol 7 No 1 (2022): JURNAL MAHAJANA INFORMASI

Sistem Pakar Mendeteksi Kerusakan pada Air Conditioner (AC) di CV. Netral Service dengan Menggunakan Metode Certainty Factor

Dearni Nofrianis Bazikho (Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Sain, Teknologi dan Informasi Universitas Sari Mutiara Indonesia Medan)
Immanuel H G Manurung (Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Sain, Teknologi dan Informasi Universitas Sari Mutiara Indonesia Medan)
Rianto Sitanggang (Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Sain, Teknologi dan Informasi Universitas Sari Mutiara Indonesia Medan)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2022

Abstract

Penggunaan AC (Air Conditioner) pada zaman sekarang ini semakin dibutuhkan. Hal ini ditandai dengan hampir semua masyarakat memasangnya baik untuk ruangan kantor maupun di rumah. Sistem pakar merupakan salah satu bidang ilmu dalam kecerdasan buatan yang sering diminati karena implementasinya terdapat dibeberapa bidang ilmu pengetahuan maupun bisnis terbukti sangat membantu dalam pengambilan keputusan dan sangan luas pengimplementasiannya. Hasil dari perhitungan ini akan digunakan dalam proses perhitungan kombinasi Certainty Factor berdasarkan gejala (evidence) yang berbeda namun memiliki hipotesis yang sama. Proses penarikan kesimpulan dalam mengidentifikasi kerusakan pada Air Conditioner diperoleh dari nilai tertinggi hasil perhitungan metode Certainty Factor berdasarkan gejala-gejala yang terjadi. Aplikasi yang dibuat dapat memudahkan para pengguna dalam mendeteksi kerusakan Air Conditioner. Aplikasi yang telah dibuat dapat memberi informasi dalam mendeteksi awal kerusakan pada Air Conditioner . Perancangan aplikasi yang dibuat mengadopsi metode Certainty Factor dalam membantu dalam pengambilan keputusan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

7

Publisher

Subject

Library & Information Science

Description

Memuat tentang artikel hasil penelitian dan kajian konseptual bidang teknik informatika, ilmu komputer dan sistem informasi. Terbit 2 kali setahun pada bulan Januari dan Juli. ...