Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
Vol 4, No 4 (2022): Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Pengaruh Minat Belajar dan Resiliensi Matematis Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa

Via Maulina (Universitas PGRI Semarang)
Lukman Harun (Universitas PGRI Semarang)
Sutrisno Sutrisno (Universitas PGRI Semarang)



Article Info

Publish Date
10 Jul 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh minat belajar dan resiliensi matematis terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif dengan analisis regresi linier berganda.Subjek pada penelitian ini yaitu 291 siswa kelas VII SMP Negeri di Kecamatan Kebasen, Kabupaten Banyumas yang diambil menggunakan teknik simple random sampling. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan skala dan tes. Teknik analisis instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah model rasch melalui software Winsteps dan analisis regresi linier berganda menggunakan software IBM SPSS Statistics 23. Hasil analisis model rasch dari ketiga instrumen menunjukkan bahwa ketiganya instrumen yang baik dan sesuai dengan syarat model rasch. Dari analisis regresi linier berganda menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara minat belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis; (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara resiliensi matematis terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis; and (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara minat belajar dan resiliensi matematis terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

imajiner

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika memiliki fokus utama pada pengembangan ilmu di ranah matematika dan pendidikan. Lingkup dari fokus utama tersebut meliputi pendidikan dan terapan. ...