Ecobisma (Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Manajemen)
Vol 9, No 2 (2022): ECOBISMA

APLIKASI THEORY OF CONSUMPTION VALUE TERHADAP INTENSI PEMBELIAN PRODUK RAMAH LINGKUNGAN

Bernadetta Diansepti Maharani (Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa)
Tri Ratna Purnamarini (Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa)



Article Info

Publish Date
01 Jul 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi intensi pembelian produk ramah lingkungan pada generasi Z di Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan adaptasi dari Theory of Consumtion Value. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis pengaruh functional value, conditional value, social value, emotional value, epistemic value terhadap intensi pembelian produk ramah lingkungan. Metode penelitian menggunakan analisis dari SPSS. Sampel yang menggunakan metode purposive convenience sampling pada masyarakat Yogyakarta lahir antara 1995-2012 yang masuk kekategori generasi Z dan mengetahui tentang produk ramah lingkungan. Penelitian ini menghasilkan adanya pengaruh positif antara functional value, conditional value, emotional value, epistemic value terhadap intensi pembelian produk ramah lingkungan. Sedangkan, tidak adanya pengaruh social value terhadap intensi pembelian produk ramah lingkungan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

ecobisma

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Ilmiah ECOBISMA adalah Jurnal Ilmiah Bisnis dan Manajemen dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Labuhanbatu melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, dimaksudkan sebagai media pertukaran informasi dan karya ilmiah antara staf pengajar, alumni, mahasiswa dan masyarakat ...