Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemahaman konsep operasi bilangan bulat mahasiswa PGSD dan kendala yang dihadapi mahasiswa dalam menyelesaikan masalah matematika. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa PGSD Universitas San Pednro tahun Ajaran 2021/2022 sebanyak 21 orang. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes pemahaman konsep, pedoman wawancara, dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes tertulis, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data tes pemahaman konsep berdasarkan indikator pemahaman konsep yang ditentukan dan deskripsi hasil wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman konsep operasi bilangan bulat mahasiswa PGSD berada pada rentangan kategori cukup. Beberapa kendala yang dihadapi mahasiswa dalam menyelesaikan masalah matematika adalah 1) Mahasiswa memiliki pemikiran bahwa matematika itu sulit sehingga mereka tidak ter9motivasi dalam belajar 2) Mahasiswa masih beranggapan bahwa matematika terlalu banyak rumus, 3) Mahasiswa mahasiswa tidak memahami soal dengan benar sehingga sulit merepresentasikan masalah dalam model matematika, 4) Mahasiswa tidak memahami konsep secara lengkap sehingga tidak bisa mengaplikasikan dalam memecahkan masalah dan 5). Mahasiswa belum memahami pentingnya matematika dalam kehidupan sehari-hari. Saran yang dapat disampaikan terkait dengan hasil penelitian ini adalah perlu dilakukan upaya lanjutan untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis mahasiswa PGSD pada materi operasi bilangan bulat secara kreatif dan inovatif menggunakan media pembelajaran secara kontekstual dan media pembelajaran berbasis teknologi.
Copyrights © 2022