Jurnal Perspektif: Jurnal Kajian Sosiologi dan Pendidikan
Vol 5 No 2 (2022): Jurnal Perspektif: Jurnal Kajian Sosiologi dan Pendidikan, Universitas Negeri Pad

Kontrol Sosial Orang Tua dalam Proses Pembelajaran Daring

Resty Antika Putri (Unknown)
Ikhwan Ikhwan (Unknown)
Eka Asih Febriani (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bentuk kontrol sosial orang tua dalam proses pembelajaran daring yang disebabkan karena adanya Covid-19 di Indonesia. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena yang memperlihatkan bahwa terdapat kurangnya kontrol dari orang tua khususnya yang bekerja sebagai petani terhadap anak mereka yang sedang melakukan pembelajaran daring. Pentingnya penelitian ini dilakukan adalah dengan mengetahui cara efektif dalam mengahadapi anak dalam proses pembelajaran daring membuat orang tua tetap bisa mengontrol mereka meskipun orang tua tidak berada di rumah. Penelitian ini menggunakan pendekatan Kualitatif dengan tipe Studi Kasus. Teknik pemilihan informan secara Purposive Sampling dengan jumlah informan sebanyak 14 orang yang terdiri dari orang tua dan anak pada keluarga petani. Pengumpulan data dengan cara observasi dan wawancara yang dilakukan secara tatap muka dan studi dokumentasi. Keabsahan data yang dilakukan dengan cara triangulasi data serta teknik analisis data yang digunakan adalah yang dikembangkan oleh Milles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, serta verifikasi data. Penelitian ini dianalisis dengan menggunakan teori kontrol sosial oleh Traviss Hirchi. Hasil penelitian ini menemukan bahwa terdapat beberapa bentuk kontrol orang tua pada keluarga petani dalam mengontrol anak mereka yang sedang melakukan pembelajaran daring di kenagarian Sungai Puar adalah dengan melakukan beberapa upaya preventif yaitu pertama memberikan perhatian, kedua pengawasan, ketiga memberikan ancaman, serta keempat pemberian reward untuk dapat mengontrol anak saat pembelajaran daring.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

perspektif

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Jurnal Perspektif: Jurnal Kajian Sosiologi dan Pendidikan aims to facilitate interaction, discussion and updating of ideas from Students of Education, Sociology and Anthropology in Indonesia. Jurnal Perspektif: Jurnal Kajian Sosiologi dan Pendidikan contains empirical research in the fields of ...