Administraus Jurnal Ilmu Administrasi dan Manajemen
Vol. 6 No. 2 (2022): Administraus: Jurnal Ilmu Administrasi dan Manajemen

PELAYANAN PERMOHONAN DAN PERNIKAHAN DIMASA PENDEMI COVID -19 DI KANTOR URUSAN AGAMA (KUA) KECAMATAN KERTAK HANYAR KABUPATEN BANJAR

Muhammad Jamili (Unknown)
Mukhlan Khairiry (STIA Bina Banua Banjarmasin)
R Rusdiansyah (STIA Bina Banua Banjarmasin)



Article Info

Publish Date
31 May 2022

Abstract

ABSTAKSI Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas pelayanan permohonan dan pernikahan di Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Kertak Hanyar Kabupaten Banjar dan antusiasme warga untuk melangsungkan pernikahan di masa pendemi Covid 19. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan analisa kwalitatif. Tehnik pegumpulan data obsevasi, dokumen dan wawancara. Informan dalam penelitian adalah dua orang aparat KUA Kecamatan Kertak Hanyar dan empat orang warga yang melangsungkan pernikahan di tahun 2020. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktifitas Pelayanan Pernikahan di KUA Kertak Hanyar selama pendemi Covid – 19 ( tahun 2020) tetap berjalan dengan mengikuti protokol kesehatan dari pemerintah, begitu pula warga yang memerlukan pelayanan pernikahan bisa secara langsung dan bisa melalui on line namun juga tetap mengikuti anjuran pemerintah mengenai protkoler kesehatan. Begitu pula pada saat acara akad nikah, baik yang dilangsungkan aula KUA maupun di rumah warga masyarakat disiplin mematuhi anjuran pemerintah, seperti menjaga jarak (tidak berkerumun), memakai masker, mencuci tangan pakai sabun. Jumlah pendaftaran permohonan pernikahan di KUA Kecamatan Kertak Hanyar pada tahun 2020 sejumlah 316, terjadi penurunan ( 9 %) dibandingkan tahun 2019 yaitu (345). Tapi kalau dibandingkan tahun 2017 (jumlah pemohon 216) dan tahun 2018 (jumlah pemohon 280), maka untuk tahun 2020 terjadi kenaikan permohonan pernikahan. Dengan demikian kasus pendemi covid 19 di tahun 2020 tidak mempengaruhi hasrat kemauan warga masyarakat untuk melangsukan pernikahan bagi anak, atau saudaranya. pelayanan permohonan pernikahan, pernikahan di masa pandemi, pelayanan kantor urusan agama, permohonan pernikahan ABASTRACT This study aims to determine the application and marriage service activities at the Office of Religious Affairs (KUA) Kertak Hanyar District, Banjar Regency and the enthusiasm of citizens to get married during the Covid 19 pandemic. The method used in this research is descriptive with qualitative analysis. Observational data collection techniques, documents and interviews. The informants in the study were two of KUA officers in Kertak Hanyar District and four residents who got married in 2020. The results of the study indicate that the Marriage Service activities at KUA Kertak Hanyar during the Covid-19 pandemic (in 2020) continue to run by following the health protocols from the government, as well as residents who need wedding services can directly and can go online but also continue to follow government recommendations. regarding health protocols. Likewise, at the time of the marriage ceremony, whether it was held in the KUA hall or at the homes of the community members, they were disciplined to comply with government recommendations, such as keeping a distance (not crowding), wearing masks, and washing hands with soap. The number of marriage application registrations at the KUA of Kertak Hanyar District in 2020 was 316, a decrease (9%) compared to 2019 which was (345). But when compared to 2017 (the number of applicants is 216) and 2018 (the number of applicants is 280), then for 2020 there is an increase in marriage applications. Thus, the COVID-19 pandemic case in 2020 does not affect the willingness of the community to carry out marriages for their children or siblings.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

administraus

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Tujuan dari publikasi jurnal ini adalah untuk menyebarkan pemikiran konseptual atau gagasan dan hasil penelitian yang telah dicapai di bidang Ilmu Administrasi. ...