Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan berpikir kreatif matematis siswa pada materi SPLTV. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif kualitatif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dalam menyelesaikan masalah SPLTV. Subjek dalam penelitian ini diambil dengan purposive sampling dan didapatkan 18 siswa sebagai subjek dalam penelitian. Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes, dan wawancara. Hasil penelitian diperoleh bahwa kemampuan berpikir kreatif matematis siswa masih rendah. Dan diperoleh data bahwa 16,7% siswa masuk dalam kategori tinggi dimana sudah memenuhi indikator fluency, flexibility, dan originality. Siswa dengan presentase 61,1% masuk dalam kategori sedang dimana sudah memenuhi indikator fluency dan flexibility, tetapi kurang mampu dalam indikator originality. Sedangkan siswa dengan presentase 22,2% masuk dalam kategori rendah dimana siswa belum memenuhi indikator fluency, flexibility, dan originality. Maka dapat disimpulkan bahwa kemampuan berpikir kreatif matematis siswa tergolong rendah.
Copyrights © 2022