Pemberlakukan pembelajaran jarak jauh sejak pandemic covid-19 menyebabkan harus dilaksanakan pembelajaran secara online. Video pembelajaran sebagai salah satu media belajar yang dapat digunakan selama pembelajaran jarak jauh. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep matematika peserta didik dengan dukungan dari video pembelajaran yang sudah dinyatakan valid dan praktis. Subjek dari penelitian ini adalah 32 peserta didik kelas VIII SMPN 17 Palembang. Data dikumpulkan dengan menggunakan tes, observasi dan wawancara. Hasil tes dianalisis untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep matematika peserta didik setelah melalui pembelajaran jarak jauh dengan bantuan video pembelajaran statistika. Hasil tes menujukkan bahwa Penggunaan video pembelajaran untuk mendukung kemampuan pemahaman konsep peserta didik dalam pembelajaran jarak jauh materi statistika didapatkan dengan persentase 70,3%. Dengan rincian persentase perindikator pemahaman konsep sebagai berikut : (a) menyatakan ulang suatu konsep dengan persentase 68,75%, (b) mengembangkan syarat perlu dan syarat cukup dari konsep dengan persentase 75% dan (c) mengaplikasikan konsep dan algoritma pemecahan masalah sebesar 67,85%.
Copyrights © 2022