Menara: Jurnal Teknik Sipil
Vol 17 No 2 (2022): Menara: Jurnal Teknik Sipil

INDIKATOR PENENTU PENERAPAN PROGRAM KESELAMATAN KERJA PADA PEKERJAAN STRUKTUR BETON BERTULANG

Erna Septiandini (Universitas Negeri Jakarta, Jl. R.Mangun Muka Raya No.11, RT.11/RW.14, Rawamangun, Kec. Pulo Gadung, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13220)
Irika Widiasanti (Universitas Negeri Jakarta, Jl. R.Mangun Muka Raya No.11, RT.11/RW.14, Rawamangun, Kec. Pulo Gadung, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13220)
Muhammad Rezal (Universitas Negeri Jakarta, Jl. R.Mangun Muka Raya No.11, RT.11/RW.14, Rawamangun, Kec. Pulo Gadung, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13220)
Lenggogeni (Universitas Negeri Jakarta, Jl. R.Mangun Muka Raya No.11, RT.11/RW.14, Rawamangun, Kec. Pulo Gadung, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13220)



Article Info

Publish Date
09 Jul 2022

Abstract

Pelaksanaan pekerjaan struktur, khususnya pada pekerjaan struktur beton bertulang di proyek konstruksi gedung bertingkat tinggi, tentu memiliki potensi terhadap kecelakaan kerja yang dapat melukai pekerja hingga menyebabkan kematian, hilangnya jam kerja, dan menganggu kinerja kerja. Untuk mencegah terjadinya kecelakaan kerja tersebut, maka diperlukan penerapan program keselamatan kerja di proyek konstruksi khususnya pada pekerjaan struktur beton bertulang. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengidentifikasi indikator penentu penerapan program keselamatan kerja di proyek konstruksi khususnya pada pekerjaan struktur beton bertulang. Dalam penelitian ini menggunakan metode studi literatur dengan mengumpulkan berbagai data dari hasil penelitian relevan terkait program keselamatan kerja. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat empat indikator sebagai penentu penerapan program keselamatan kerja pada pekerjaan struktur beton bertulang, yaitu alat pelindung diri, teknologi, rambu-rambu keselamatan kerja, dan perilaku pekerja selama berada di area kerja.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

menara

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Engineering Transportation

Description

Jurnal Menara ditujukan kepada semua akademisi dan praktisi di bidang Teknik Sipil. Dengan adanya Jurnal Menara ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi perkembangan keilmuan bidang Teknik Sipil dalam arti dapat memberikan pencerahan berpikir bagi yang ikut berpartisipasi aktif di dalamnya. ...