Jurnal Borneo Akuatika
Vol 4, No 1 (2022): Jurnal Borneo Akuatika

Optimasi Pemberian Maggot Dan Pakan Buatan Menggunakan Dosis Yang Berbeda Terhadap Pertumbuhan Dan Kelangsungan Hidup Benih Ikan Toman (Channa Micropeltes)

Sari Wahyuni (Program Studi Budidaya Perairan Fakultas Perikanan & Ilmu Kelautan UM Pontianak)
Eka Indah Raharjo (Program Studi Budidaya Perairan Fakultas Perikanan & Ilmu Kelautan UM Pontianak)
Hastiadi Hasan (Program Studi Budidaya Perairan Fakultas Perikanan & Ilmu Kelautan UM Pontianak)



Article Info

Publish Date
27 Apr 2022

Abstract

Maggot dan pakan buatan (pellet) adalah salah satu solusi untuk pengganti pakan ikan rucah yang penyediaannya mengalami kendala karena menurunnya populasi stok ikan liar di perairan serta meningkatnya harga karena suplai yang musiman. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh pemberian maggot dan pellet terhadap pertumbuhan benih ikan toman (Channa micropeltes) dan mengetahui dosis terbaik yang memberikan pertumbuhan dan kelangsungan hidup terbaik pada benih ikan toman (Channa micropeltes). Ikan uji yang digunakan adalah benih ikan toman (Channa micropeltes) dengan bobot rata-rata 1,18 g/ekor dan padat tebar 10 ekor/akurium. Penelitian ini menggunakan metode eksperimental dengan Rancangan Acak Lengkap 5 perlakuan dan 3 kali ulangan. Perlakuan dalam penelitian ini: perlakuan A (0% maggot 100% pellet), B (25% maggot 75% pellet), C (50% maggot 50% pellet) dan D (75% maggot 25% pellet), dan perlakuan E (100% maggot 0% pellet). Data yang diamati meliputi laju pertumbuhan (SGR), efisiensi pakan (FCR) dan kelangsungan hidup (SR). Hasil penelitian menunjukkan bahwa maggot dan pellet memberikan pengaruh nyata terhadap pertumbuhan, kelangsungan hidup dan efisiensi pakan. Dosis terbaik yaitu perlakuan D (75% maggot 25% pellet) mampu menghasilan pertumbuhan 0,49% kelangsungan hidup 86,67% dan konversi pakan 3,45%.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JBA

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Economics, Econometrics & Finance Environmental Science Social Sciences

Description

Jurnal penelitian bidang kajian perikanan dan ilmu kelautan yang meliputi manajemen sumberdaya perairan, akuakultur, pengakapan ikan, teknologi hasil perikanan, sosial ekonomi dan ilmu ...