Bikotetik (Bimbingan dan Konseling: Teori dan Praktik)
Vol. 6 No. 1 (2022): Volume 6 Number 1, May 2022

Layanan Bimbingan dan konseling untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa kelas VIII di SMP: studi eksperimen kuasi pada siswa kelas VIII tahun ajaran 2020/2021

Annisa Nurmalasari (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)



Article Info

Publish Date
05 Oct 2022

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan rendahnya kepercayaan diri di kelas delapan SMP tahun ajaran 2020/2021. Tujuan dari penelitian ini untuk mencari tahu pengaruh dari layanan bimbingan kelompok dengan teknik role playing untuk meningkatkan kepercayaan diri pada siswa kelas VIII. Teknik role playing yang digunakan meliputi bimbingan kelompok. Penelitian dilaksanakan di SMP. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan non-equivalent control group design. Penelitian ini menggunakan pre-test/post-test untuk mengadakan eksperiment dengan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Sampel penelitian berjumlah 14 orang siswa termasuk kategori kepercayaan diri rendah degan menggunakan purposive sampling. Dibagi menjadi dua kelompok, kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dimana setiap kelompok memiliki kategori kepercayaan diri rendah. Dalam penelitian ini pengambilan data menggunakan kuisioner sebagai instrument. Hasil menunjukan jika role playing teknik memiliki pengaruh untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa dibuktikan pada hasil uji mann whitney yaitu nilai signifikansi lebih kecil dari taraf 5% %( asym sig (2tailed) = 0.025 < 0.05) Rata-rata pada post-test kelompok eksperimen 105 sedangkan kelompok kontrol sebesar 78,8 yang diartikan terdapat peningkatan kepercayaan diri siswa di kelompok eksperimen daripada kelompok kontrol pada kelas VIII SMP tahun ajaran 2020/2021 setelah diberikan role playing teknik Kata kunci: kepercayaan diri, bimbingan kelompok, role playing teknik, quasi experiment

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jbk

Publisher

Subject

Humanities Education Other

Description

Bikotetik: This journal is for guidance and counseling practitioners (teacher, counselor, observer, etc), and academics. Access to unpaid journal (FREE) for both reader and author. Articles published for this journal may include research results, community service results in the area of Counseling ...