Media Agribisnis
Vol 6 No 1 (2022): Mei

Strategi Pemasaran UMKM Rumah Makan di Kabupaten Bone dalam Mempertahankan Bisnis di Era Pandemik Covid-19

Sugirah Hidayah Rauf (Sekolah Pascasarjana, Universitas Hasanuddin)
Rahim Darma (Sekolah Pascasarjana, Universitas Hasanuddin)
Mahyuddin Mahyuddin (Sekolah Pascasarjana, Universitas Hasanuddin)



Article Info

Publish Date
30 May 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran yang dilakukan oleh UMKM rumah makan pada era pandemik Covid-19. Pengumpulan data menggunakan wawancara dengan 10 informan kunci serta observasi dan kepustakaan. Metode analisis dengan mereduksi data, menyajikan dan kemudian menarik kesimpulan yang dibahas dengan metode deskriptif kualitatif. Hasil yang ditemukan bahwa dalam strategi pemasaran yakni bauran pemasaran yang digunakan oleh UMKM rumah makan di era Covid-19 tetap melakukan pemasaran sama seperti sebelum adanya pandemik Covid-19. UMKM tidak meningkatkan pemasaran yang lebih baik seperti perbaikan produk, promosi, pelayanan, perbaikan tempat di era Covid-19 karena pelaku UMKM rumah makan tidak berani mengambil resiko, serta kekurangan modal, keterbatasan pengetahuan, dan kurangnya motivasi menjadikan strategi pemasaran yang digunakan hanya sebatas untuk mempertahankan bisnis agar tidak gulung tikar di era Covid-19.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Agribisnis

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Media Agribisnis has a focus to provide a venue for academicians, researchers, and practitioners for publishing the original research articles or review articles related to the agriculture fields. It is open access and peer-reviewed journal, published by Faculty of Agriculture, Muhammadiyah ...