Jurnal Ilmiah Mahasiswa FIB
Vol 1, No 8 (2015)

KORELASI FAKTOR PSIKOLINGUISTIK DENGAN KETERAMPILAN MEMBACA DAN MENULIS BAHASA PRANCIS SISWA KELAS XI BAHASA SMAK COR JESU MALANG

PALUPI, CICILIA TRAPSIWI RESTI (Fakultas Ilmu Budaya Universitas Brawijaya)



Article Info

Publish Date
04 Feb 2015

Abstract

Kata Kunci: psikolinguistik, belajar, membaca, menulis, keterampilan berbahasaMempelajari bahasa asing tidak terlepas dari faktor-faktor apa saja yang mempengaruhinya. Begitu juga dalam mempelajari bahasa Prancis sebagai bahasaasing bagi siswa kelas XI Bahasa SMAK Cor Jesu Malang. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan, untuk: 1) mengetahui keterampilan membaca dan menulis siswa kelas XI Bahasa SMAK Cor Jesu Malang. 2) mengetahui faktor-faktor psikolinguistik apa yang mempengaruhi siswa dalam mempelajari bahasa Prancis. 3) mengetahui bentuk korelasi antara faktor psikolinguis ik dengan keterampilan membaca dan menulis siswa.Penelitian ini menggunakan metode kualitatif tidak murni, yaitu gabungan antara metode kualitatif dan metode kuant itatif. Metode kualitatif digunakan untuk menganalisis data dan mendeskripsikan hasil korelasi yang dihitung menggunakan metode kuantitatif.Hasil dari penelit ian ini menunjukkan bahwa faktor psikolinguistik yang dialami oleh siswa memiliki pengaruh terhadap keterampilan membaca dan menulis bahasa Prancis. Hal tersebut terbukti dengan hasil korelasi antara variabel faktor psikolinguistik dengan variabel keterampilan membaca dan menulis siswa. Hasil korelasi tersebut menyatakan bahwa variabel faktor psikolinguistik memiliki hubungan yang signifikan dengan variabel keterampilan membaca dengan nilaikorelasi sebesar 0,762 dan nilai signifikan antara variabel faktor psikolignuistik dengan variabel keterampilan menulis sebesar 0,789. Pengajar juga memiliki pengaruh dalam proses pembelajaran bahasa Prancis sebagai bahasa asing.Bagi peneliti selanjutnya, disarankan untuk meneliti lebih dalam mengenaifaktor-faktor psikolinguistik yang mempengaruhi dalam pembelajaran bahasa Prancis dengan melakukan observasi. Selain itu, peneliti selanjutnya juga dapat menggunakan penelitian korelasi dengan objek penelit ian keterampilan berbicaradan mendengarkan dengan faktor psikolinguistik.

Copyrights © 2015