utile: Jurnal Kependidikan
Vol. 8 No. 1 (2022): utile: Jurnal Kependidikan

Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Kolaborasi dengan Team Assisted Individualy (TAI) Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa di SMP

Deswina Lisnawati (Universitas Muhammadiyah Sukabumi)
Pujia Siti Balkist (Unknown)
Ana Setiani (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Jun 2022

Abstract

Siswa banyak yang kesulitan memahami pelajaran matematika, melihat fenomena tersebut maka perlu diterapkan suatu sistem pembelajaran yang melibatkan peran siswa secara aktif dalam kegiatan belajar mengajar, guna meningkatkan kemampuan pemahaman belajar matematika siswa di SMP. Perlu adanya bahan ajar yang mampu membantu permasalahan tersebut, dengan adanya Lembar Kerja Siswa yang peneliti buat berbasis kolaborasi yang dikembangkan guna membangun rasa tanggung jawab dalam diri siswa sehingga pemahaman konsep dapat tercapai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan hasil pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis kolaborasi dengan model pembelajaran TAI (Team Assisted Individually) pada siswa SMP. Pengembangan bahan ajar ini mengikuti prosedur pengembangan ADDIE yang meliputi lima tahap yaitu : (1) Analisis, (2) desain, (3) development/pengembangan, (4) Implementasi, (5) Evaluasi. Tahap Awal penelitian dilakukan sampai tahap pengembangan. Akhir dari tahapan pengembangan adalah melakukan validasi terhadap LKS.Nilai hasil uji validasi melalui penilaian oleh validator dinyatakan sangat valid dengan persentase 90%. Hasil tersebut menujukan bahwa LKS berbasis kolaborasi dengan model TAI pada pelajaran matematika valid.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JUT

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Utile: Jurnal Kependidikan (E-ISSN: 2599-1124) (P-ISSN: 2460-2086) adalah jurnal ilmiah berkala nasional yang menerbitkan tulisan dari hasil penelitian ataupun buah pemikiran (kajian teori) dengan fokus dalam bidang kependidikan dan pengajaran. utile: Jurnal Kependidikan diterbitkan oleh Fakultas ...