Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal
Vol 8, No 2 (2022): May 2022

Pengaruh Kompensasi Terhadap Turnover Intention Karyawan Pada PT. Bintan Megah Abadi

Eka Kurnia Saputra (STIE Pembangunan Tanjungpinang)
Zainiyah Zainiyah (STIE Pembangunan Tanjungpinang)
Octojaya Abriyoso (STIE Pembangunan Tanjungpinang)
M. Rizki (STIE Pembangunan Tanjungpinang)



Article Info

Publish Date
15 May 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah kompensasi berpengaruh terhadap turnover intention karyawan pada PT. Bintan Megah Abadi. Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah kuesioner dan kepustakaan. Populasi dan sampel dalam penelitian ini sebanyak 40 karyawan di PT. Bintan Megah Abadi. Teknk analisis data dalam penelitian ini menggunkan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik terdiri uji normalitas dan uji heteroskedastisitas, uji analisis regresi sederhana, uji hipotesis terdiri dari uji t dan koefisien determinasi (R²). Dari hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel bebas yaitu kompensasi terhadap variabel terikat yaitu turnover intention, hal ini ditunjukkan dengan t-hitung sebesar -2,984 > nilai t-tabel sebesar -2,02439 dengan nilai signifikan 0,005 < 0,05 arti bahwa hipotesis yang di ajukan dalam penelitian ini variabel kompensasi berpengaruh negatif dan signifikan antara terhadap turnover intention. Besarnya pengaruh variabel kompensasi sebesar 0,190 atau 19% terhadap turnover intention. Sedangkan sisanya 81% dipengaruhi oleh variabelvariabel lain seperti lingkungan kerja, stres kerja dan komitmen organisasi yang tidak di teliti dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka disimpulkan secara parsial variabel kompensasi berpengaruh secara signifikan terhadap turnover intention.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Aksara

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

AKSARA: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal with P-ISSN 2407-8018 (Print), E-ISSN 2721-7310 (Online) is a Peer-reviewed journal published three times published in January, May, September with a peer review process and open access. The Focus and Scope of the journal publishes research articles on ...