Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal
Vol 8, No 2 (2022): May 2022

Kemampuan Membaca Kalimat Sederhana Dalam Bahasa Daerah Gorontalo Melalui Model Make A Match Pada Siswa Kelas I SDN 3 Kota Barat

Dajani Suleman (Universitas Negeri Gorontalo)
Ratnarti Pahrun (Universitas Negeri Gorontalo)
Nur Afni Adalay (Universitas Negeri Gorontalo)



Article Info

Publish Date
06 May 2022

Abstract

Bahasa daerah adalah bahasa yang umum yang sering digunakan di suatu daerah. Bahasa daerah bisa diartikan sebagai sebuah bahasa yang dituturkan dalam suatu wilayah pada sebuah negara baik itu di lingkup daerah yang kecil. Maupun di lingkup daerah lebih besar dan luas. Contohnya adalah bahasa daerah Gorontalo (BG). Bahasa daerah Gorontalo adalah bahasa yang digunakan oleh suku atau masyarakat Gorontalo yang notabenya orang Gorontalo. Di provinsi Gorontalo itu sendiri memiliki beberapa bahasa daerah yang variatif seperti bahasa Bone-Bonda atau yang dikenal dengan nama bahasa Suwawa, bahasa Atinggola. Bahasa-bahasa daerah ino sama kedudukannya dengan bahasa daerah Gorontalo (BG), penggunaannya makin lama makin terdesak dengan penggunaan bahasa Indonesia (BI) dan bahasa asing (Binggris). Generasi muda milenial dewasa diharapkan dan dituntut untuk mampu menguasai, berinteraksi dengan bahasa Inggris. Penggunaan bahasa daerah Gorontalo sangatlah penting diterapkan dalam kehidupan sehari-hari terutama pada kalangan anak-anak sebagai generasi muda yang berkewajiban untuk melestarikan bahasa daerah Gorontalo. Sebagaimana disinggung pada bagian awal bahwa Pembelajaran bahasa daerah Gorontalo dikemas dalam kurikulum yang disebut dengan nama mata pelajaran Muatan Lokal (MULOK). Hal ini bertujuan untuk melestarikan bahasa dan untuk memudahkan siswa-siswa sekolah dasar menguasai dan mampu membaca kosa kata dan bentuk-bentuk kalimat sederhana dalam bahsa daerah Gorontalo.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Aksara

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

AKSARA: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal with P-ISSN 2407-8018 (Print), E-ISSN 2721-7310 (Online) is a Peer-reviewed journal published three times published in January, May, September with a peer review process and open access. The Focus and Scope of the journal publishes research articles on ...