Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal
Vol 8, No 2 (2022): May 2022

Analisis Kinerja Satpam Di Pelabuhan Punggur Kota Batam Di Masa Pandemi

Octojaya Abriyoso (STIE Pembangunan Tanjungpinang)



Article Info

Publish Date
15 May 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: Untuk menganalisis kinerja satpam pada Pelabuhan Punggur Kota Batam di masa pendemi Covid-19. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Metode Kualitatif, didalam penelitian ini populasi sebanyak 10 orang yang bekerja sebagai tenaga kerja satpam, kemudian sampel yang digunakan didalam penelitian adalah sebanyak 5 orang, yaitu satu orang komandan regu dan empat orang satpam. Metode dalam penelitian ini adalah kualitatif, dimana penelitian ini mensyaratkan penekanan pada proses dan makna yang bermutu. Analisis data adalah proses penyederhanaan data kedalam bentuk yang lebih mudah dibacadan diinterpretasikan. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif, kemudian dalam penelitian ini untuk menguji kredibilitas data dilakukan dengan cara mengecek data kepada sumber yang sama dengan teknik yang berbeda dengan menggunakan Triangulasi Teknik. Berdasarkan hasil penelitian maka diketahui bahwa kinerja satpam di pelabuhan Punggur Kota Batam di masa pandemi Covid-19 selama ini sudah baik, sejak adanya pandemi penjagaan harus efektif, SOP harus ditaati. Para Satpam dapat menjalankan tugas dengan profesional, dengan menerapkan protokol kesehatan, mengingat perusahaan maupun instansi pengguna jasa kerap menjadi klaster baru penyebaran Covid-19. Kemudian dalam bekerja satpam juga sudah melakukan tugasnya dengan penuh tanggungjawab. Satpam harus makin profesional dalam bertugas, lebih menghargai profesinya. Namun ditemukan untuk insiatif masih kurang. Jarang sekali ada satpam yang aktif memberikan ide dan masukannya, paling kalau ada permasalahan atau kendala maka mereka akan menanyakannya secara langsung.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Aksara

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

AKSARA: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal with P-ISSN 2407-8018 (Print), E-ISSN 2721-7310 (Online) is a Peer-reviewed journal published three times published in January, May, September with a peer review process and open access. The Focus and Scope of the journal publishes research articles on ...