Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal
Vol 8, No 2 (2022): May 2022

Pengaruh Psikoedukasi Terhadap Kecemasan Perawat Gawat Darurat Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Rumah Sakit Kota Tomohon

Meylani D. Wowor (Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Gunung Maria Tomohon)
Fransiskus X. Dotulong (Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Gunung Maria Tomohon)
Brigita M. Karouw (Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Gunung Maria Tomohon)
Maria Novita Ria (Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Gunung Maria Tomohon)



Article Info

Publish Date
06 May 2022

Abstract

Tingginya kasus mortalitas dan morbiditas akibat Covid-19 menjadi dampak psikologis kecemasan terhadap perawat di layanan kesehatan, khususnya Instalasi Darurat (IGD). Berbagai upaya yang dilakukan untuk meredam dampak stres bagi perawat IGD. Disinilah pentingnya psikoedukasi terhadap perawat sebagai usaha pencegahan dan pengendalian masalah psikologis yang mengganggu aktifitas atau pekerjaan perawat. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh psikoedukasi terhadap kecemasan perawat gawat darurat pada masa pandemi Covid 19 di Rumah Sakit Kota Tomohon. Penelitian ini adalah jenis kuantitatif, dengan desain penelitian yaitu Quasi – Eksperimental dengan Pre Test – Post Test Kontrol Group. Cara pengambilan sampel yaitu menggunakan Non-Probability Sampling, dengan teknik pengambilan sampel yaitu Purposive Sampling. Hasil penelitian ini dengan P value = 0,001 (<0,05). Hal ini menunjukkan bahwa secara statistik terdapat perbedaan tingkat kecemasan perawat Gawat Darurat yang signifikan sebelum dan sesudah intervensi Psikoedukasi pada kelompok intervensi. Kesimpulan akhir yaitu sangat pentingnya psikoedukasi terhadap kecemasan perawat gawat darurat.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Aksara

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

AKSARA: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal with P-ISSN 2407-8018 (Print), E-ISSN 2721-7310 (Online) is a Peer-reviewed journal published three times published in January, May, September with a peer review process and open access. The Focus and Scope of the journal publishes research articles on ...