Media Akuntansi
Vol 34 No 01 (2022): Januari - Juni 2022

PENGARUH METODE RGEC TERHADAP PENILAIAN TINGKAT KESEHATAN BANK PADA PERUSAHAAN PERBANKAN (STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI BEI TAHUN 2018-2020)

Dewi Kartikasari (Unknown)
Evi Dewi Kusumawati (STIE St. Pignatelli Surakarta)



Article Info

Publish Date
29 Jun 2022

Abstract

Penelitian dengan judul “Pengaruh Metode RGEC Terhadap Penilaian Tingkat Kesehatan Bank Pada Perusahaan Perbankan” (Studi Empiris Pada Perusahaan Yang Terdaftar di BEI Tahun 2018-2020) bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode RGEC (Risk Profile, Good Corporate Governance, Earnings, Capital) terhadap penilaian tingkat kesehatan bank melalui peraturan Bank Indonesia No.13/1/PBI/2011.Penelitian ini menggunakan populasi dan sampel perusahaan perbankan yang terdaftar di BEI tahun 2018-2020 dengan menggunakan metode stratified purposive sampling. Berdasarkan metode tersebut didapat 29 perusahaan yang dapat digunakan sebagai sampel penelitian. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Variabel Risk Profile diukur menggunakan rasio NPL dan LDR. Good Corporate Governance diukur dengan penilaian self assessment dari perusahaan. Earnings diukur menggunakan rasio ROA, ROE, NIM dan BOPO serta Capital diukur menggunakan rasio CAR. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada masa sebelum dan saat pandemi terdapat 8 perusahaan perbankan yang mengalami penurunan tingkat kesehatan bank, 4 perusahaan perbankan yang mengalami kenaikan tingkat kesehatan bank, dan 17 perusahaan perbankan yang tidak mengalami perubahan tingkat kesehatan bank. Hal ini mencerminkan sebagian besar bank mampu menghadapi pengaruh negative dari perubahan kondisi yang mungkin terjadi.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

mak

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Media Akuntansi diterbitkan oleh Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) St. Pignatelli Surakarta sebagai media untuk menyalurkan pemahaman tentang pendidikan dan ekonomi berupa hasil penelitian lapangan atau laboratorium maupun studi pustaka. Jurnal ini diterbitkan dua kali dalam setahun yaitu pada ...