Journal of Classroom Action Research
Vol. 4 No. 1 (2022): February

Hubungan Minat Belajar Siswa Dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas V Segugus IV Sekabupaten Dompu

Muhammad Andi Zulfikar (Unknown)
Heri Setiawan (Unknown)
Safruddin (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Feb 2021

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah umtuk melihat adanya hubungan minat belajar dengan prestasi belajar siswa kelas V Segugus IV Se Kabupaten Dompu Tahun Ajaran 2021 / 2022. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif berjenis korelasi. Dalam penelitian ini terdapat populasi yaitu seluruh sekolah yang ada di segugus IV kabupaten dompu yang dimana sekolahnya adalah SDN 16 Dompu, SDN 05 Dompu, SDN 04 Dompu, dan SDN 06 Dompu. Dalam sampel yaitu seluruh kelas V yang berada disegugus IV tersebut dan SDN 16 Dompu yang adakan dijadikan sampel sebanyak 36 orang. Hasil penelitian menunjukan bahwa atau taraf signifikan sebesar 5% atau 0,05 dengan demikian 6,300 maka dinyatakan normal. dapat disimpulkan bahwa adanya hubungan Minat belajar siswa denga prestasi belajar siswa kelas V segugus IV se Kabupaten Dompu tahun pelajaran 2021/2022. Hal ini ditunjukan berdasarkan hasil deskripsi variabel minat belajar siswa dan prestasi belajar siswa dengan jumlah 36 responden dapat diketahui bahwa pada variabel minat belajar siswa memiliki nilai nimimum 69 dan maksimum 154 dengan rata – rata 115,57 dan termaksud kategori “Baik” selanjutnya pada variabel prestasi belajar siswa dapat diketahui nilai minimum sebesar 70 dan nilai maksimum 94 dengan rata – rata 85,2 termaksud kategori “kurang” hal ini dapat diartikan bahwa minat belajar siswa dilakukan dengan “baik”. Sehingga Hipotesis Alternatif ( Ha ) diterima dan Hipotesis Nol ( Ho ) ditolak. Jadi, Hipotesis Alternatif ( Ha ) yang berbunyi “ adanya hubungan minat belajar siswa dengan prestasi belajar siswa kelas V segugus IV se Kabupaten Dompu tahun ajaran 2021/2022” ‘ diterima’

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jcar

Publisher

Subject

Education Other

Description

Journal of Classroom Action Reseach (Jurnal Penelitian Tindakan kelas) e-ISSN:2656-2340 , p-ISSN: 2656-3460 adalah jurnal yang memuat artikel hasil penelitian-penelitian kelas baik dari kalangan guru, dosen, maupun dari hasil penelitian mahasiswa. Journal of Classroom Action Reseach merupakan salah ...