Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui penerapan saintifik di dalam kelas oleh Guru-guru serta kendala yang dihadapi guru dalam menerapkan pendekatan saintifik dalam proses pembelajaran di kelas. Adapun subjek penelitian pada penelitian ini adalah guru kelas di SD Negeri 53 Pabbambaeng Kecamatan Kindang Kabupaten Bulukumba yang berjumlah 6 Orang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara. Data yang diperoleh dianalisis dengan tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data dan Penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan saintifik pada pembelajaran IPA di SD Negeri 53 Pabbambaeng Kecamatan Kindang Kabupaten Bulukumba telah terlaksana, namun masih ada tahap yang belum bisa diterapkan dengan baik, yaitu pada tahap mengasosiasi/menalar, dan tahap mengkomunikasikan. kendala guru dalam menerapkan pendekatan saintifik dalam proses pembelajaran antara lain adalah kurangnya media dan bahan ajar didalam kelas serta kurangnya antusiasme, minat belajar, serta kurangnya kemampuan komunikasi siswa dalam proses pembelajaran. Maka dari itu pentingnya guru selalu memberikan motivasi siswa untuk selalu aktif dalam proses pembelajaran.
Copyrights © 2022