Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 11 No 1 (2022)

Penerapan Blended Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X SMA

Setia Deliana Pasaribu (Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Palangka Raya)
Jackson Pasini Mairing (Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Palangka Raya)
Walter Punding (Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Palangka Raya)
Henry Aritonang (Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Palangka Raya)
Pujja Sari Purnama (SMAN 3 Palangka Raya)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan aktivitas siswa kelas X MIPA 5 dari salah satu SMAN di kota Palangka Raya selama pembelajaran berbasis masalah dengan pendekatan blended learning tipe flipped classroom pada pelajaran matematika serta untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika siswa setelah menerapkan model blended learning. Jenis penelitian adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas X MIPA 5 di sekolah tersebut. Pengumpulan data menggunakan instrumen observasi dan tes yang sudah divalidasi oleh 2 dosen Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Palangka Raya, dan 1 guru matematika di sekolah tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas siswa selama pembelajaran berjalan sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran flipped classsroom. Rata-rata hasil belajar siswa kelas X MIPA 5 materi Sistem Pertidaksamaan Linear Dua Variabel pada tes individual pertama, kedua, ketiga dan keempat secara berturut-turut sebesar 54,17 (cukup tercapai), 59,89 (cukup tercapai), 78,97 (tercapai), dan 85,78 (sangat tercapai). Lebih lanjut, rata-rata nilai siswa pada dan tes akhir yang mencakup keseluruhan indikator sebesar 73,06 (tercapai). Dengan demikian, penerapan model blended learning dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa SMA. Peningkatan tersebut disebabkan karena peningkatan keaktifan siswa selama pembelajaran dengan blended learning.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

primatika

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika discusses problem in mathematics education realm such as problems in teaching and learning of mathematics or methodological problems in the field of research in mathematics education. This journal is provided for writers, teachers, students, professors, and ...