Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 11 No 1 (2022)

Internalisasi Konsep Matematika Materi Geometri Melalui Identifikasi Pada Masjid Al-Falah Jember

Erlinda Sukmawati (Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember)
Ilmiah Ilmiah (Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember)
Mega Arofatul Jannah (Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember)
Virdana Putra Wiratama (Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember)
Imron Fauzi (Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2022

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menginternalisasikan konsep matematika materi geometri pada pola bangunan Masjid Al-Falah Jember dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi. Data penelitian dikumpulkan menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada bangunan Masjid Jami’ Al-Falah Jember terdapat beberapa konsep matematika serta materi geometri di dalamnya. Konsep matematika yang ada pada Masjid Jami’ Al-Falah Jember yaitu setengah lingkaran, persegi, trapesium, lingkaran, belah ketupat, persegi panjang, dan juga segitiga. Materi geometri diantaranya adalah sifat transformasi geometri dilatasi dan refleksi. Konsep matematika yang terdapat pada Masjid Jami’ Al-Falah Jember dapat digunakan serta dimanfaatkan pendidik untuk memperkenalkan konsep matematika kepada siswa khususnya materi geometri tujuannya adalah supaya siswa lebih mudah memahami materi geometri melalui budaya lokal.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

primatika

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika discusses problem in mathematics education realm such as problems in teaching and learning of mathematics or methodological problems in the field of research in mathematics education. This journal is provided for writers, teachers, students, professors, and ...