JEMAS : Jurnal Edukasi Matematikan dan Sains
Vol. 3 No. 1 (2022): Maret | Jurnal Edukasi Matematika dan Sains |

IMPLEMENTASI PENDEKATAN STEAM DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SD NEGERI 1 BIREUEN

Rahma Rahma (Universitas Almuslim)
Isralidin Isralidin (SDN 1 Bireuen)



Article Info

Publish Date
30 Mar 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir siswa dalam Pembelajaran IPA melalui pendekatan STEAM dengan tiga indikator yaitu ketuntasan hasil belajar siswa, aktivitas siswa dalam proses pembelajaran, dan respon siswa terhadap proses pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah pre-eksperimen dan jenis desain penelitian yaitu Pre-Experiment the one group pretest-posttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pretest secara individu maupun klasikal 100% tidak ada siswa yang mendapat nilai di atas Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) atau tidak tuntas. Sedangkan secara klasikal pada posttest dari 36 siswa, 86,11% yang memenuhi kriteria ketuntasan minimal KKM, serta aktivitas siswa dalam proses pembelajaran ini sesuai dengan yang diharapkan. Respon positif siswa mencapai 88.85%, dapat disimpulkan bahwa proses pembelajaran IPA menggunakan Pendekatan STEAM mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada siswa kelas IV SDN 1 Bireuen.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jemas

Publisher

Subject

Chemistry Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Physics

Description

JEMAS : JURNAL EDUKASI MATEMATIKA DAN SAINS adalah jurnal yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Fisika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Almuslim. JEMAS memuat artikel-artikel yang berupa hasil penelitian dan kajian (review) dalam bidang pendidikan matematika, ...