Tingginya angka pengangguran lulusan SMK menunjukkan adanya persoalan kompetensi keahlian siswa lulusan SMK Kimia Industri yang kurang memenuhi persyaratan sebagaimana diharapkan oleh industri. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi profesional guru dalam mengembangkan perangkat pembelajaran berupa RPP berbasis kesiapan kerja di era revolusi industri 4.0 pada SMK Kimia Industri di Kota Semarang. Program aksi yang dilakukan adalah (1) observasi mitra pengabdian dan penyusunan angket evaluasi; (2) persiapan sarana dan prasarana pelatihan; (3) persiapan konsep RPP yang akan diberikan pada workshop; (4) workshop perangkat pembelajaran berbasis kesiapan kerja 4.0; (5) pendampingan, evaluasi, dan pengumpulan produk hasil workshop. Kegiatan ini telah meningkatkan pengetahuan dan keterampilan guru. Peserta telah berhasil mengintegrasikan aspek-aspek employability skill yaitu komunikasi, kerjasama, pemecahan masalah, prakarsa dan berusaha, mengelola diri, merencanakan dan mengatur kegiatan, belajar, menggunakan teknologi, serta aspek K3 dalam perangkat pembelajarannya.
Copyrights © 2022