Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Perbankan (Journal of Economics, Management and Banking)
Vol 8, No 1 (2022): Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Perbankan (Journal of Economics, Management and Ba

Pengaruh Struktur Modal, Profitabilitas, Pertumbuhan Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris Perusahaan Sektor Industri Dasar dan Kimia yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2015-2019)

Fahry Hadiwibowo (STIE Indonesia Banking School)
Lediana Sufina (STIE Indonesia Banking School)



Article Info

Publish Date
28 Jun 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh struktur modal, profitabilitas dan pertumbuhan perusahaan terhadap nilai perusahaan dengan ukuran perusahaan sebagai variabel kontrol. Populasi dalam penelitian ini yaitu perusahaan manufaktur sektor industri dasar dan kimia. Pemilihan sampel mennggunakan metode purposive sampling dan menghasilkan sampel sebanyak 25 perusahaan sektor industri dasar dan kimia yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama periode 2015-2019. Data yang digunakan adalah data sekunder berupa laporan keuangan tahunan yang diperoleh dari laporan publikasi pada Bursa Efek Indonesia (BEI). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Struktur Modal (Debt to Equity Ratio) berpengaruh negatif signifikan, (2) Profitabilitas (Return on Equity) berpengaruh positif signifikan, (3) Pertumbuhan Perusahaan (Growth Sales) tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan (Tobin’s Q) serta Ukuran Perusahaan (Ln Asset) sebagai variabel kontrol berpengaruh positif signifikan terhadap nilai perusahaan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JEMP

Publisher

Subject

Description

Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Perbankan ini menyajikan hasil penelitian bidang: Ekonomika Keuangan; Manajemen Keuangan & Struktur Keuangan; Manajemen Pemasaran; Manajemen Perbankan; Manajemen Risiko dan Enterprise Risk Management; Investment Banking; Bank dan Pasar Modal; serta Keuangan Perusahaan ...